Trik Ampuh Cara Membasmi Tikus Menggunakan Bahan Alami & Buatan di Rumah

Tikus masuk dalam kategori hewan yang dianggap penganggu oleh masyarakat. Populasinya yang terus meningkat menjadikan banyak penghuni rumah geram karena aktivitasnya sering kali mengorek-ngorek tempat sampah sehingga membuatnya berantakan di dalam rumah. Selain itu, banyak kotorannya yang tertinggal di sembarang tempat. Keberadaannya memang selalu diburu untuk menjaga kebersihan rumah. Nah berikut akan kami berikan beberapa cara membasmi tikus dengan cara dan bahan alami.

  1. Minyak peppermint

Pemusnahan tikus bisa anda mulai dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Tikus adalah hewan yang menghindari bau-bau menyengat seperti aroma minyak peppermint. Cara penggunaannya yaitu menempatkan beberapa bola kapas yang sudah dicelupkan ke dalam minyak peppermint. Setelah itu, tempatkan bola kapas ke titik rawan tikus.

  1. Bumbu dapur

Ketika populasi tikus di rumah semakin membabi buta, anda bisa langsung memanfaatkan beberapa bahan bumbu dapur untuk mengusirnya menjauh dari rumah. Berikut adalah jenis bumbu yang bisa digunakan:

  • Bawang

Bawang merupakan salah satu komponen bumbu wajib untuk masakan nusantara yang selalu ada di dapur. Baunya yang khas ternyata dibenci oleh para tikus, ini dapat dimanfaatkan untuk membuat kawanan tikus pergi. Caranya hanya dengan memotong-motong beberapa siung bawang sampai baunya keluar kemudian tempatkan di lubang-lubang yang dilewati tikus.

  • Daun salam

Beberapa masakan masih memanfaatkannya untuk menambah kelezatan sebuah hidangan. Tikus adalah pemakan segalanya bahkan benda-benda dari bahan tertentu bisa menjadi sasaran aksinya. Daun salam bisa ditempatkan di jalan-jalan yang sering dilewati tikus. Anda bisa menggantinya secara rutin ketika daun sudah mulai mengering.

  • Lada

Bahan yang biasanya digunakan untuk menyedapkan masakan ternyata juga mampu menangkal hewan pengganggu seperti tikus. Taburkan bubuk lada di spot favorit yang dilewati kawanan tikus di rumah.

  • Cengkeh

Cengkeh yang masih utuh dapat ditaburkan ke tempat-tempat tertentu sehingga tikus tidak bisa memasuki rumah. Anda juga bisa memanfaatkan minyak cengkeh dengan membubuhkannya ke bola kapas seperti penggunaan minyak peppermint.

  1. Kamper

Sudah bukan rahasia lagi jika kapur barus ataupun kamper memang dapat membuat tikus menghindar. Bentuknya bermacam-macam, anda bisa memilih sesuai selera kemudian memasangnya di lubang-lubang pintu yang sering dilewati tikus. Sebaiknya tidak menyentuh kamper dengan tangan secara langsung. Setiap kamper habis bisa diganti dengan yang baru.

  1. Memelihara kucing di rumah

Kucing merupakan musuh bebuyutan tikus-tikus, erangannya bisa membuat kawanan tikus langsung berlarian kesana kemari. Anda bisa menempatkan seekor kucing dewasa sebagai penjaga ruangan rumah setiap malam. Banyak kucing kampung yang bisa dipungut dan dirawat dengan baik. Ketika bertemu kucing, secara alami sang kucing akan mengejarnya sampai dapat.

  1. Perangkap buatan sendiri

Perangkap bisa dibuat sendiri dengan menempatkan makanan yang digemari para tikus di dalamnya. Biasanya mirip seperti kandang kecil bentuknya dan di dalamnya diletakkan keju, selai kacang, ataupun makanan lainnya untuk memancing tikus datang. Semacam perangkap yang akan menutup ketika terinjak tikus.

  1. Pastikan rumah bersih & wangi

Tikus lebih memilih tempat kotor seperti tong sampah sehingga sebaiknya anda tidak mengundangnya dengan kondisi rumah yang bau. Gunakan pengharum ruangan yang anda sukai, hal itu bisa meminimalisir tikus masuk ke ruangan di dalam rumah karena membenci bau wanginya.

Cara-cara sederhana tersebut bisa dilakukan berulang kali sampai seluruh anggota tikus pergi dari lingkungan sekitar. Pastinya butuh beberapa kali dilakukan karena tikus merupakan tipe hewan yang tidak mudah diusir.