Tips Memilih Susu yang Aman untuk Bayi agar Tidak Alergi

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan bayi agar bisa mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. Anda perlu memilih dengan cermat susu aman untuk bayi agar tidak menyebabkan masalah saat dikonsumsi seperti alergi. Berikut ini tips memilih susu formula terbaik untuk bayi.

  1. Kandungan Susu Formula

Memilih susu untuk bayi tidak hanya dengan membeli susu dari produk ternama atau brand yang banyak digunakan. Anda perlu teliti dalam memilih susu formula bayi dengan melihat kandungan yang ada di dalamnya. Jangan sembarangan dalam memilih susu yang akan dibeli. Pastikan kandungan di dalam susu sesuai kebutuhan bayi.

Kandungan yang penting ada adalah zat besi. Kandungan ini seringnya tidak terpenuhi hanya dengan pemberian ASI karena mengingat makanan yang dikonsumsi ibu tidak memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi sangat penting agar bayi tidak mengalami anemia.

Selama hamil pun ibu sebaiknya memenuhi kebutuhan zat besi agar tidak anemia dan berisiko buruk bayi bagi. Susu formula dengan kandungan zat besi sangat utama untuk diberikan kepada bayi agar bisa mendapatkan tumbuh kembang terbaik.

Selain itu kandungan yang perlu ada adalah probiotik dan prebiotik sebagai bakteri baik untuk usus bayi agar tidak mengalami masalah pencernaan. Penting juga untuk Anda memilih susu formula yang di dalamnya ada kandungan DHA dan ARA. Kandungan ini fungsinya untuk membantu penglihatan dan perkembangan otak.

  1. Rendah Laktosa

Susu aman untuk bayi yang bisa Anda pilih adalah susu dengan rendah laktosa. Kandungan yang cenderung membuat bayi mengalami alergi saat dikonsumsi. Bahkan beberapa kasus bayi sering mengalami masalah dipencernaan karena kesulitan mengolah kandungan laktosa di dalam susu. Kandungan ini juga membuat bayi menjadi sering buang angin.

  1. Perhatikan Kemasan

Saat Anda membeli susu untuk bayi tips mendapatkan susu yang aman dengan memperhatikan kemasannya. Pilihlah susu yang emang disediakan untuk bayi pada bagian kemasannya tertera usia konsumsi. Anda harus memilih susu yang sesuai usia agar kandungannya pun sesuai kebutuhan.

Pada kemasan perhatikan juga dengan detail manfaat dari kandungan di dalam susu secara umum. Biasanya tertera di bagian depan kemasan, sehingga Anda mudah untuk melihatnya. Pilihlah kemasan yang masih bersegel agar risiko kerusakan susu lebih kecil. Jangan memilih kemasan yang sudah rusak karena bisa jadi susunya sudah tidak layak untuk diminum.

  1. Fortifikasi

Anda yang ingin memberikan asupan gizi lebih dari yang biasa atau umum bisa memilih susu formula dengan tulisan fortifikasi. Susu yang sudah difortifikasi ini ada tambahan nutrisinya yang akan membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Anda bisa melihat kembali bagian komposisinya untuk memperhatikan jika merasa kurang aman.

  1. Varian Rasa

Jangan diabaikan varian rasa yang dipilih juga akan mempengaruhi kapasitas minum susu bayi. Jika Anda memilih rasa yang tepat bayi akan lebih cepat pertumbuhan dan perkembangannya karena diminum dalam jumlah banyak. Anda tidak perlu pusing untuk membujuk bayi karena bayi akan langsung mau minum susu saat melihatnya.

Mendapatkan susu aman untuk bayi perlu waktu pemantauan yang cermat. Apa lagi ada banyak sekali produk susu yang seringnya membuat para ibu tergiur dengan harga murah. Anda harus hati-hati memilih susu agar bayi tidak mengalami alergi. Jika membutuhkan informasi terpercaya seputar cek alergi bayi bisa mengunjungi website cekalergi.com dengan mudah dan cepat.