Tips Membedakan Mentega dan Margarin Bagi Pemula

Bagi mereka yang sudah lama membuat kue, akan mudah sekali membedakan antara margarin dan mentega. Namun kedua bahan makanan yang berwarna kuning ini sering membuat salah para baker pemula untuk membedakannya. Padahal jika salah memilih satu dengan lainnya, rasa kue yang dibuat bisa berbeda dengan yang seharusnya. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda sehingga kue yang dihasilkan juga akan mengikuti karakteristik bahan yang digunakan tersebut.

Lalu bagaimana cara membedakan keduanya bagi baker pemula? Tak perlu khawatir karena kedua bahan ini bisa dibedakan dengan mudah. Dengan latihan dan pengalaman membedakan keduanya, lama-lama akan langsung bisa memilih mana margarin dan sebaliknya. Berikut ini adalah karakteristik kedua bahan tersebut yang perlu diketahui sehingga bisa memilih mana yang dibutuhkan:

  • Margarin

Margarin memiliki warna yang lebih kuning pekat sehingga bisa Anda kenali dengan lebih mudah jika keduanya ada di hadapan. Membedakan margarin menggunakan pandangan mata lebih mudah karena aromanya tidak begitu menyengat jika dihirup. Selain itu margarin juga memiliki tekstur yang lebih lembek atau lebih banyak mengandung cairan.

  • Mentega.

Berbeda dengan margarin, bahan ini lebih pucat meski berwarna kuning. Jika Anda hirup maka akan keluar aromanya yang membuat kue lebih harum. Dari bentuknya, mentega roti ini lebih padat dibandingkan margarin dan butter. Karenanya lemak ini lebih banyak digunakan untuk membuat kue padat seperti cookies.

Keduanya memiliki tekstur dan warna yang berbeda karena terbuat dari bahan yang berbeda. Margarin merupakan lemak yang dibuat dari bahan nabati seperti minyak sayur, air dan garam. Karena itu juga, kandungan kolesterol margarin lebih rendah dibandingkan lemak hewani.

Setelah mengetahui bagaimana membedakan antara mentega dan margarin di atas, jadi bisa memilih dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu bisa menyesuaikan bahan dengan jenis kue yang nanti akan dibuat seperti susu evaporasi sehingga lebih sesuai untuk tekstur dan rasanya. Namun jika ingin mencoba keduanya, bisa membeli dengan mudah karena semua ada di Tokowahab.