Tips Cerdas Mengatur Waktu Olahraga yang Pas untuk Si Sibuk

Olahraga merupakan aktivitas yang dianjurkan bagi setiap orang. Paling tidak, olahragalah setiap satu kali seminggu untuk mendapatkan manfaat positif. Namun, akan lebih baik jika lebih rutin. Sebaliknya, ketika olahraga tidak dilakukan dengan rutin bahkan tidak sama sekali, kesehatan tubuhlah yang menjadi ancamannya.

Masalahnya, tidak semua orang yang absen berolahraga lantaran enggan melakukannya, melainkan tidak memiliki waktu luang akibat kesibukannya bekerja. Tapi, tunggu dulu! Bukan berarti alasan tersebut membenarkan keputusan Anda tidak berolahraga. Ya, selalu ada cara untuk mengatasi masalah manajemen waktu. Biar tidak bingung, mari kita perhatikan cara atur waktu olahraga untuk si sibuk berikut ini ya!

Pilih Olahraga Berdurasi Pendek

Nah, ketika Anda beralasan absen olahraga karena tidak sempat waktu, cobalah untuk menentukan jenis sport berdurasi pendek. Biasanya, saat berbicara olahraga maka yang terbersit dipikiran adalah durasi waktu yang lama sekitar satu sampai dua jam. Padahal, olahraga juga dapat dilakukan dengan durasi pendek. Meski sebentar, asal dilakukan secara rutin setiap hari, akan sama-sama memberikan manfaat kesehatan pada tubuh.

Target Goal Selama 30 Hari

Kebanyakan orang terlalu idealis untuk merencanakan diet dengan berolahraga seperti membatasi makanan dan terlalu sering mengecek timbangan. Apalagi aktivitas ini memiliki banyak godaan terutama bagi si sibuk. Nah, untuk menjajalnya biar sukses, cobalah untuk membuat target goal selama 30 hari. Jadi, konsistenlah untuk berolahraga dalam kurun waktu itu yang terbagi menjadi beberapa kegiatan. Misalnya pada minggu pertama difokuskan pada gerakan full body workout, minggu kedua fokus pada kegiatan leg day, minggu ketiga fokus pada gerakan arm and chest, begitu seterusnya bergantian sampai 30 hari. Setelah 30 hari berlalu, maka dijamin Anda akan mulai terbiasa dan lebih leluasa untuk mengatur jadwal.

Buatlah Jadi Kebiasaan

Ketika Anda sudah menentukan jadwal dan jenis olahraga selama 30 hari kedepan, pastikan untuk konsisten melakukannya. Jangan sampai bolong-bolong atau absen karena alasan yang sepele. Jika sudah dijadwal, artinya Anda bertanggung jawab pada diri sendiri untuk melakukannya misalnya pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu, maka luangkanlah sedikit waktu untuk olahraga.

Peregangan di Tengah Kesibukan

Terkadang, pada waktu bekerja pasti ada bagian tubuh atau otot yang merasa tegang sehingga membuat tidak nyaman. Nah, berikut ini adalah beberapa gerakan peregangan yang dapat Anda lakukan ditengah kesibukan sebagai olahraga ringan atau pemanasan. Pertama, rentangkan tanga ke atas kepala dan arahkan ke kiri dalam waktu 10 detik. Lalu, arahkan ke kanan dalam durasi yang sama dan ulangi sampai tiga kali.

Kedua, lakukan peregangan leher dibagian leher dengan menganggukkan kepala ke atas dan kebawah secara bergantian. Jika sudah, lakukan gerakan memutar pada leher secara perlahan. Ketiga, peregangan pada punggung yang dapat dilakukan dengan cara memeluk tubuh sendiri, posisi tangan kiri di pundak kanan, dan posisi tangan kanan di pundak kiri. Tahanlah posisi tersebut selama 10 sampai 15 detik, kemudian lepaskan secara perlahan.

Nah, itulah beberapa trik cerdas atau cara atur waktu olahraga untuk si sibuk yang patut dicoba. Perlu disadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, tersedia banyak  fitness murah di Jakarta yang dapat Anda manfaatkan. Selain dapat berkumpul bersama teman-teman, Anda juga dapat berlatih olahraga yang baik dan benar ditemani instruktur yang berpengalaman. Yuk mulai atur jadwal olahraganya!