Tanya Dokter Seputar Hipertensi dan Langkah Mengatasinya

Penderita tekanan darah tinggi atau yang dikenal sebagai hipertensi memang lebih rentan terkena komplikasi dengan penyakit-penyakit berbahaya, sebut saja diantaranya adalah masalah jantung. Apalagi jika seandainya tidak segera ditangani dengan benar. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat jika seandainya tidak ingin kondisi tersebut semakin memburuk. Tanya dokter seputar hipertensi, mengingat faktanya pemakaian obat-obatan saja tidak cukup untuk mengatasi masalahnya, mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini sifatnya hanya sementara, nantinya pengguna akan menjadi ketergantungan.

Itulah mengapa bagi Anda yang sudah terdiagnosa mengalami masalah kesehatan yang satu ini maka agaknya harus dilakukan perubahan pola hidup juga. Berikut ini diantaranya adalah beberapa upaya yang dapat diterapkan oleh penderita gangguan kesehatan tersebut, diantaranya adalah:

  1. Menurunkan berat badan, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya salah satu faktor resiko yang menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi adalah berat badan berlebihan. Tak hanya itu orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan ini juga akan beresiko terkena gangguan pernapasan yaitu sleep apnea. Sehingga ada baiknya bagi Anda untuk mengupayakan agar berat badan bisa turun dan ukuran pinggang semakin mengecil.
  2. Olahraga secara teratur, ada banyak sekali manfaat menakjubkan yang bisa Anda rasakan dari olahraga ini, termasuk diantaranya adalah menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Mengingat aktivitas fisik secara rutin ini mampu menurunkan tekanan darah sebanyak 5 sampai dengan 8 mm hg, jika dilakukan setidaknya 150 menit setiap harinya.
  3. Konsumsi lebih banyak makanan yang sehat, diantaranya adalah buah dan juga sayur-sayuran, biji-bijian dan produk susu rendah lemak ini nyatanya sangatlah bagus untuk menurunkan tekanan darah Anda, setidaknya sampai dengan 11 mm Hg. Ini adalah salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda juga, termasuk menghindarkan dari resiko terkena penyakit jantung.
  4. Mengurangi konsumsi garam, bagi orang-orang normal maupun yang terkena penyakit hipertensi memang dianjurkan untuk membatasi konsumsi gara, mengingat faktanya garam ini memang bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. Biasakanlah untuk melihat label makanan kemasan jika seandainya ingin membeli produk tersebut dan perhatikan takaran atau jumlah garam yang dipakai di dalamnya.
  5. Membatasi mengonsumsi minuman beralkohol, sedangkan bagi yang sudah terbiasa minum-minuman keras atau beralkohol, maka sebaiknya mulai sekarang batasi jumlah yang dikonsumsi. Paling tidak adalah 1 gelas setiap hari untuk wanita, sedangkan untuk pria sendiri adalah sebesar 2 gelas saja, jangan lebih dari itu. Karena alkohol ini nyatanya juga berpotensi atau bisa menyebabkan tekanan darah melonjak.
  6. Hentikan kebiasaan merokok, tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bahwa rokok ini sangatlah cepat untuk meningkatkan tekanan darah, hanya beberapa menit selepas atau setelah dikonsumsi maka tekanan darah akan langsung naik. Belum lagi dengan resiko-resiko penyakit berbahaya lainnya yang bisa terjadi karena kebiasaan dalam merokok tersebut, sebaiknya berhati-hati.
  7. Kelola stres dengan baik, terlalu banyak beban pikiran juga bisa membuat seseorang terkena tekanan darah tinggi, itulah mengapa hindari faktor penyebab stres dan jika perlu kelolalah stres dengan baik.

Coba terapkan sendiri upaya di atas untuk menyehatkan tubuh Anda dan juga menurunkan tekanan darah. Tanya dokter seputar hipertensi sekarang ini memang jadi semakin mudah, diantaranya bisa melalui chat menggunakan aplikasi Halodoc.