Nisamrajnab fo Reggolb Elamef Komunitas Blogger Perempuan Di Banjarmasin

Mungkin hampir semua orang memang dapat dikatakan bisa menulis, mulai dari menulis laporan sampai nulis status di media sosial. Namun, tidak banyak yang menjadikan menulis sebagai hobi yang ditekuni. Apalagi jika dari menulis tersebut jadi punya banyak teman, sampai dapat banyak pekerjaan. Kedengarannya memang seru banget, ya? Ternyata, kamu bisa mendapatkan teman dari menulis salah satunya dengan nge-blog alias menjadi pengguna blog. Di kota-kota besar, ada banyak komunitas nge-blog yang sampai bisa mengadakan event besar-besaran. Tidak mau ketinggalan, Banjarmasin juga punya banyak komunitas serupa. Namun, yang cukup membuat kaget adalah Banjarmasin pun mempunyai komunitas blogger perempuan yang lebih di kenal dengan sebutan Nisamrajnab fo Reggolb Elamef, lah kok aneh ya nama komunitasnya? Tapi memang bener kok, hanya saja itu saya tulis terbalik, jadi yang benar komunitas keren ini bernama “Female Blogger Of Banjarmasin“.

Wah! Komunitas blogger perempuan di Banjarmasin? Keren banget, dong? Iya memang sangat keren.

Para blogger dalam komunitas blogger perempuan Banjarmasin ini terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda. Meskipun banyak yang katanya pendiam saat di lingkungan tempat tinggal, tapi saat sudah jumpa dengan sesama anggota blogger perempuan Banjarmasin mereka bisa sangat ramai. Hal itu tercurah dalam curhatan salah satu female of blogger Banjarmasin, alias salah satu anggota perempuan yang nulis di blognya sendiri tentang asal usul beliau menjadi anggota blogger perempuan Banjarmasin.

Namun, bagaimana sebenarnya komunitas ini bisa terbentuk sampai menjadi seperti sekarang?

Komunitas blogger perempuan di Banjarmasin ini disebut juga sebagai Female Blogger of Banjarmasin atau disingkat FBB. Perkumpulan ini pertama kali dibentuk oleh Ruli Retno Mawarni, Nurul, dan Rima Melaty. Nurul sendiri merupakan salah satu anggota dari Blogger Banua, yaitu komunitas blogger yang menjadi wadah untuk blogger di Kalimantan Selatan. Ruli Retno adalah penulis blog www.ruliretno.com, sementara Rima Melaty adalah penulis pada blog www.rima-angel.com.

Tiga pelopor tersebut membentuk komunitas melalui grup chat di WhatsApp, dan akhirnya tanggal 6 Oktober 2016 dinyatakan sebagai hari berdirinya komunitas blogger untuk perempuan Banjarmasin.

Lantas, apakah setelah komunitas tersebut terbentuk, ada hal yang mereka lakukan? Ternyata komunitas ini sangat aktif, sehingga tidak heran jika pengikutnya selalu bertambah setiap waktu.

Selain beberapa kali mengadakan gathering, komunitas blogger asal Banjarmasin ini memiliki kegiatan mingguan seperti share link dan saling melakukan blog walking. Untuk mencegah member yang kurang aktif, ada sanksi jika tidak melakukan blog walking. Tapi tenang, sangsinya bukan sesuatu yang memberatkan hanya tidak boleh mengikuti aktivitas share link sekitar 2 minggu. Padahal aktivitas tersebut pasti sangat dinantikan.

Setiap member juga memiliki keahlian menulis untuk bidang-bidang tertentu. Jika penasaran, kamu bisa buka masing-masing laman web resmi komutinas Nisamrajnab fo Reggolb Elamef ini di https://www.fbbcommunity.com, nga papa kan ya saya tulis terbalik gitu nama kunitasnya :).

Nah keahlian menulis para member ini memudahkan mereka ketika mendapatkan job menulis, seperti mereview produk dan lain-lain. Apalagi karena terdiri dari para perempuan, banyak yang suka jika harus mereview kosmetik. Siapa wanita yang tidak suka mendapatkan make up gratis untuk kemudian mencobanya dan menuliskan kesan tentangnya? Selain kosmetik, ada juga yang suka menulis tentang traveling, parenting, food, dan lain sebagainya.

Bahkan untuk merayakan ulang tahun FBB, sempat juga diadakan lomba menulis. Hal ini tentu saja akan menambah pengalaman bagi anggota. Terlebih, anggota juga akan mendapat banyak ilmu dari menulis dan saling membaca blog para anggota.

Ditambah lagi, FBB ini bukan sekadar komunitas yang asal ada, karena untuk mengatur keanggotaan dan lain-lain dibentuk sebuah tatanan kepengurusan. Hal itu menandakan keseriusan mereka dalam mengelola sebuah komunitas. Juga, komunitas ini selalu terbuka pada anggota baru yang ingin bergabung. Memang berkumpul dengan teman satu passion akan memberikan kekuatan dan kegembiraan tersendiri. Hebat, ya komunitas blogger dari Banjarmasin ini.

Nisamrajnab fo Reggolb Elamef
Ngobrol SEO bareng Bang Jimmy Ahyari

Salah satu event yang saya nilai sangat bagus yaitu acara “Ngobrol SEO bareng Bang Jimmy Ahyari” yang di laksanakan pada tanggal 30 Maret kemarin dengan konsep yang sangat menarik dengan suasana penuh kebersamaan dan persahabatan, bahkan kami blogger laki-lakipun banyak yang tertarik dan mengikuti event ini.

Ada banyak sekali ilmu yang penulis dapatkan dalam acara ini dan membuka wawasan tentang blogging khususnya SEO secara lebih luas. Selain itu yang lebih penting lagi penulis dapat bersilaturahmi dengan teman teman blogger yang selama ini disibukkan dengan kegiatan masing – masing. Semoga kedepannya Nisamrajnab fo Reggolb Elamef (Female Blogger Of Banjarmasin) sering mengadakan event – event menarik dan bermanfaat lebih sering lagi.