Manfaat Lobak yang Sayang untuk Dilewatkan
Manfaat Lobak yang Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat Lobak yang Sayang untuk Dilewatkan

34 views

Megindo.co.idManfaat Lobak yang Sayang untuk Dilewatkan. Lobak merupakan sayuran yang rendah kalori, tapi kaya akan serat, mineral, dan vitamin, seperti vitamin C. Hal ini menjadikan manfaat lobak baik untuk menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung.

Lobak dapat dikonsumsi dalam keadaan matang maupun mentah, sehingga sering dijumpai dalam olahan salad atau hidangan berkuah. Lobak juga telah lama dipercaya dalam pengobatan tradisional di Asia, seperti di Cina, Jepang, dan Korea, untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, misalnya demam, sakit tenggorokan, gangguan empedu, dan peradangan.

Lobak adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan.

Kandungan Nutrisi Lobak

Dalam 100 gram lobak, terkandung sekitar 20 kalori dan beberapa macam nutrisi berikut ini:

  • 1,5 gram serat
  • 3–3,5 gram karbohidrat
  • 30–35 miligram kalsium
  • 20–25 miligram fosfor
  • 200 miligram kalium
  • 15–20 miligram vitamin C
  • 25–30 miligram folat

Selain itu, lobak juga mengandung vitamin B, kolin, antioksidan, serta mineral lainnya, seperti zinc, zat besi, mangan, natrium, selenium dan magnesium.

Beragam Manfaat Lobak bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, manfaat lobak bagi kesehatan pun tak perlu diragukan lagi. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi lobak:

Menurunkan berat badan

Selain baik untuk sistem pencernaan, manfaat lobak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena serat di dalam lobak membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, lobak juga rendah kalori dan bebas lemak, sehingga cocok dijadikan camilan sehat, khususnya bagi Anda yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lobak selanjutnya adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan serat, nitrat, kalium, serta antioksidan dalam lobak dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung, serta melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah agar aliran darah lancar.

Penelitian di Korea Selatan juga menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat dari sayuran seperti lobak, baik lobak putih maupun lobak merah, memiliki efek baik dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Melancarkan sistem pencernaan

Karena kaya akan serat, konsumsi lobak secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama mencegah dan mengatasi sembelit. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi jus lobak dapat melindungi jaringan lambung, sehingga mencegah terjadinya tukak lambung dan maag.

Gallery for Manfaat Lobak yang Sayang untuk Dilewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.