Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

98 View

megindo.co.id – Mahkota dewa atau simalakama merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Indonesia. Buah yang berasal dari tanaman herbal dengan nama latin Phaleria macrocarpa ini, memiliki bentuk bulat berwarna merah merona (pada kondisi mentah).

Akan tetapi, ketika masih mentah, buah mahkota dewa akan berwarna hijau. Nah, buah ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan. 

Sebab, buah mahkota dewa satu ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi penting, seperti flavonoid. Kendati demikian, buah ini tidak dapat dikonsumsi secara langsung, karena perlu diolah terlebih dahulu. Lantas, kira-kira apa saja manfaat buah mahkota dewa? Untuk itu, mari kita simak infonya di sini ya!

Manfaat Buah Mahkota Dewa 

Ekstrak P. macrocarpa sudah lama digunakan sejak bertahun-tahun dalam pengobatan tradisional yang dievaluasi secara ilmiah juga. Ekstrak buah ini dilaporkan memiliki sejumlah sifat obat yang berharga.

Misalnya seperti antikanker, antidiabetes, anti-hiperlipidemia, antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antioksidan dan efek vasorelaxant. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah mahkota dewa yang jarang diketahui: 

1. Berpotensi sebagai obat diabetes

Perlu diingat jika diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Nah, salah satu manfaat buah mahkota adalah diyakini berpotensi sebagai obat diabetes.

Sebab, kandungan saponin pada buah mahkota dewa diklaim dapat berfungsi selayaknya insulin. Insulin sendiri berfungsi untuk mengatur kadar gula darah pada tubuh. 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengingat masih berlangsungnya pandemi COVID-19, menjaga daya tahan tubuh tentunya perlu senantiasa dilakukan. Nah, perlu kalian diketahui bahwa buah mahkota dewa juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berdasarkan kandungan saponin dalam buah tersebut. 

3. Obat asam urat

Manfaat dari mengonsumsi buah mahkota dewa selanjutnya adalah diduga kuat dapat mengobati penyakit asam urat. Sebab, mahkota dewa memiliki kandungan polifenol, yang dapat membantu menghambat produksi asam urat secara efektif pada tubuh. 

4. Bermanfaat untuk berbagai masalah medis lainnya

Selain berpotensi sebagai obat diabetes, obat asam urat, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, buah mahkota dewa juga bermanfaat untuk berbagai masalah medis lainnya. Berikut adalah masalah medis tersebut: 

  • Membantu proses detoksifikasi (pembuangan racun) pada tubuh. 
  • Mengatasi gejala alergi. 
  • Membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti eksim, jerawat, bisul, hingga gatal-gatal.
  • Mengobati flu dan batuk. 
  • Meredakan sakit kepala. 
  • Mampu menurunkan kolesterol.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan yang dapat admin sampaikan kepada kalian semua. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *