Mainan Bayi yang Bertujuan Sebagai Edukasi

Terkadang orang tua berpikir bahwa mainan bayi tidak dibutuhkan padahal mainan bayi berguna untuk membantu menstimulasi perkembangan sensorik, motorik, logika, pikiran jika memilih mainan bayi yang tepat sehingga selain sebagai mainan, dapat digunakan juga sebagai tujuan edukasi. Pastikan juga bayi selalu dalam pengawasan ketika bermain.

Rekomendasi Mainan Bayi Untuk Perkembangan Edukasi

Tips memilih mainan bayi yaitu pastikan mainan aman karena bayi sering memasukkan benda apa saja ke dalam mulut, mainan juga harus dapat dicuci agar kebersihan tetap terjaga, mainan yang ringan juga penting agar mudah dibawa kemana saja, sebagai mainan yang bertujuan untuk mengedukasi bayi maka bisa memilih mainan yang dapat menarik perhatian bayi.

Pilihlah mainan bayi sesuai dengan tips yang telah diberikan dan tidak boleh sembarangan demi keselamatan dan kenyamanan bayi. Berikut terdapat beberapa rekomendasi mainan bayi yang bagus untuk perkembangan bayi anda.

  1. Bouncer

Bouncer atau ayunan merupakan benda yang wajib ada untuk bayi baru lahir, bouncer yang baik sebaiknya dilengkapi dengan mainan warna-warni yang digantung sehingga akan menarik perhatian bayi dan akan mencoba meraih mainan yang akan membantu aktivitas gerak dan keterampilan bayi.

  1. Teether

Sudah hal yang umum bahwa bayi selalu memasukkan benda yang bisa dijangkau ke dalam mulutnya karena bayi senang mengeksplorasi benda di sekitarnya terutama dengan mulut. Teether bisa membantu mengembangkan daya eksplor bayi dan juga membantu mengatasi gusi gatal saat tumbuh gigi.

  1. Rattle

Rattle merupakan yang membantu menstimulasi penglihatan dan pendengaran bayi karena rattle memiliki warna yang beragam dan juga dapat menghasilkan suara ketika digerakkan atau ada juga yang diremas. Rattle sangat mudah digenggam oleh bayi dan mudah dibersihkan.

  1. Buku bayi berbahan lembut

Buku gambar yang dilengkapi dengan kosakata dan warna-warni akan membantu si kecil untuk mengembangkan bahasanya, indra peraba dan perasa. Carilah buku gambar berbahan lembut karena selain sebagai mainan bayi juga bisa untuk belajar dan tidak mudah rusak.

  1. Playmat

Sediakan playmat karena bayi lebih dapat bergerak lincah pada matras sehingga akan meningkatkan kekuatan otot perut dan leher bayi. matras yang berwarna-warni juga membantu menstimulasi sensor motorik si kecil. Playmat direkomendasikan untuk bayi berusia 1-6 bulan.

  1. Mainan untuk tidur

Tidak mudah untuk membuat bayi tidur sehingga bisa mencoba mencari teman tidur seperti boneka hewan dengan bahan lembut dan bulu yang tidak mudah rontok untuk menemani si kecil. Mainan ini bisa membantu bayi terbiasa dan memahami waktu tidurnya dan juga belajar terbiasa tidur di ranjang sendiri.

  1. Bola

Bola adalah mainan bayi yang cocok untuk bayi yang sedang belajar merangkak karena akan menggelinding saat disentuk sehingga si kecil akan kembali merangkak dan berusaha meraihnya. Pilihlah bola yang bertekstur dan mengeluarkan suara sehingga bisa membantu mengasah kemampuan sensor anak.