Kursus Online dan Offline, Mana yang Juara?

Banyaknya sarana untuk belajar akhir-akhir ini membuat sebagian masyarakat bingung memilih antara belajar online atau belajar secara offline. Apalagi, sudah banyak akun Youtube yang memiliki konten khusus untuk edukasi.

Meskipun sebelumnya sudah banyak tempat kursus konvensional seperti tempat les privat, tempat kursus, bimbingan belajar, dan sejenisnya, saat ini juga sudah mulai banyak perusahaan yang membuka peluang belajar dengan metode online. Jadi Anda hanya perlu berbekal laptop, komputer atau ponsel pintar serta kecepatan internet yang stabil. Namun tentunya gaya belajar Anda sangat mempengaruhi perkembangan ilmu Anda di masa depan.

Harus diakui, bahwa kursus online ataupun tradisional sesungguhnya memiliki keunggulan yang jelas. untuk itu, mari kita temukan pilihan mana yang terbaik untuk Anda.

Pertimbangan Kelas Online

Ketika Anda bergabung dengan komunitas kelas online atau belajar online, Anda pastinya tidak akan bisa merasakan suasana kelas, seperti di mana Anda dapat berkomunikasi dengan teman-teman seperjuangan secara langsung. Kemudian ada banyak kasus di mana pengguna tidak begitu mengetahui kualitas dari konsultan atau guru yang mengajari Anda. Apakah mereka memang memiliki pengalaman atau hanya menjelaskan apa yang ada di buku saja?

Namun, jangan salah loh ada banyak masyarakat yang hanya cocok belajar online. Salah satunya  adalah orang-orang super sibuk dan memiliki sedikit waktu untuk mempelajari sesuatu diluar pekerjaannya. Untuk itu apa saja yang dipertimbangkan ketika mengambil kelas online?

Biaya yang dikeluarkan umumnya lebih rendah

Tak dapat diragukan lagi, biaya yang dikeluarkan untuk satu sesi kelas online biasanya cenderung lebih murah. Ini dikarenakan Anda tidak perlu membayar biaya ‘transportasi’, biaya sewa tempat, ataupun biaya lainnya. Anda hanya perlu membayar sesi kursus tertentu.

Ada beberapa kursus yang bahkan hanya menawarkan satu paket pembelajaran. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya terlalu besar untuk mengikuti kelas online. Pembayarannya pun lebih mudah, karena transaksi online Anda bahkan dapat membayarnya dengan kartu kredit.

Waktu yang Lebih Fleksibel

Ketika Anda memilih kelas online, Anda bisa bergabung dengan kursus tersebut sambil melakukan hal lain, bahkan sambil bekerja. Tak hanya itu saja, kelas yang Anda pilih secara online tentunya akan lebih fleksibel di mana Anda akan menentukan sendiri jam Anda bergabung dengan kelas tersebut.

Biasanya kelas online akan menyediakan beberapa pilihan waktu yang cocok untuk Anda. Jadi Anda tidak perlu pusing-pusing membuat jadwal dua sisi karena kelas tersebut akan bergantung pada waktu kosong yang Anda pilih sendiri.

Misalnya saja Anda bekerja di salah satu perusahaan digital marketing agency dan merasa perlu meningkatkan skill Anda. Mengambil kursus online bisa menjadi ide yang baik, mengingat pekerjaan di agency seringkali waktunya tidak pasti, sering lembur tapi sering juga santai, dan dunia digital marketing memang lebih familiar dengan hal-hal yang berbau online, termasuk kursus.

Jaringan Pertemanan yang Lebih Luas

Secara geografis, ketika Anda belajar secara online dan mengambil kelas berbahasa Inggris, teman Anda tentunya adalah orang-orang asing yang terkadang memiliki kebangsaan yang berbeda. Terkadang banyak perusahaan penyedia kelas online melakukan kegiatan webinar yang membuat kesempatan Anda bertemu dan menjalin pertemanan dengan orang di luar jaringan Anda.

Pertimbangan Kelas Tradisional

Sedangkan ketika Anda mengambil kelas tradisional, tentu akan ada banyak perbedaan yang terasa. Tetapi ada pula beberapa pertimbangan yang bisa Anda pikirkan sebelum menentukan pilihan. Pertimbangan kelas tradisional, seperti:

Waktu yang Seimbang

Salah satu hal yang sangat sering terjadi saat bergabung dengan kelas online adalah Anda harus menggunakan kotak obrolan untuk mengajukan pertanyaan. Bahkan terkadang pertanyaan Anda tak terjawab karena minim-nya waktu yang diberikan oleh konsultan online Anda.

Namun berbeda ketika Anda mengikuti kursus tradisional, Anda memiliki kesempatan yang sama untuk mengajukan pertanyaan bahkan yang tersulit. Dan tentunya, Anda tidak perlu malu untuk bertanya hal yang sama karena Anda belum mengerti, sebab kelas konsultan kelas offline tidak akan bosan membimbing Anda mendapatkan ilmu terbaik.

Bimbingan dari Konsultan

Seperti halnya kelas offline lainnya, Anda akan diberikan peluang yang banyak untuk bertanya kepada konsultan mengenai kesulitan yang Anda miliki. Hal ini bahkan dapat Anda lakukan ketika istirahat dan juga setelah sesi selesai. Anda bisa berkonsultasi mengenai perkembangan yang telah Anda dapatkan sebelum dan setelah mengikuti kelas online.

Tingkat Fokus

Kelas online biasanya akan memaksimalkan penggunaan teknologi menjadi konversi kelas online. Namun dikarenakan tidak dalam keadaan tatap mata, maka kebanyakan dari pengikut kelas tersebut justru tidak bisa fokus dengan apa yang telah diajarkan. Apalagi ketika ada masalah pada sarana-sarana yang dibutuhkan seperti internet yang nge-lag atau hal-hal lainnya yang tidak terduga.

Berbeda dengan kelas tradisional karena murid-murid di kelas tradisional akan cenderung bertatap mata dan lebih fokus dalam menimba ilmu. Beberapa kelas tradisional bahkan melarang penggunaan gadget sehingga penerimaan ilmu akan lebih maksimal.

Perlu diketahui baik kelas tradisional maupun kelas online, semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk menganalisis apa yang Anda perlukan dan konsekuensi ketika mengikuti salah satu kelas tersebut.