Kiat Edit Photo yang Benar dari Para Influencer Handal

Gadget di era majunya teknologi seperti sekarang sudah mengalami banyak perubahan. Dulu orang hanya bisa memakai ponsel untuk telepon atau berkirim pesan, sekarang sudah bisa dipakai untuk foto, video call, dan sebagainya. Sama juga dengan laptop atau PC yang dulu hanya untuk mengetik saja, sekarang sering dipakai untuk edit photo.

Melakukan pengeditan foto sekarang ini memang menjadi kegiatan yang banyak dilakukan, terutama orang yang bekerja pada bidangnya agar bisa mendapatkan foto yang lebih menarik dan bagus. Buat kamu yang masih pemula, tentu mengedit foto bukanlah hal yang gampang. Asal-asalan atau tidak tahu tekniknya saja, hasilnya bukan menjadi lebih baik malah menjadi lebih buruk.

Daripada kamu asal-asalan dan membuat foto semakin alay, lebih baik baca dulu kiat-kiat dari influencer handal saat edit photo.

  1. Kenali foto sebelum di edit

Ketika kamu mengambil sebuah foto dari lensa kameramu, kamu harus lihat dulu apakah foto itu bisa di edit atau tidak. Kenapa? Sudah jelas karena tidak semua foto bisa di ubah. Kalau kamu memaksa untuk mengeditnya, hasilnya justru akan bertambah kurang memuaskan. Biasanya foto-foto yang terlalu terang atau tidak fokus sama sekali tidak bisa kamu edit.

Maka itu, sebelum kamu mengeditnya, lihat dulu hasil foto yang kamu dapatkan. Kalau memang masih memungkinkan untuk di edit, ubahlah sesuai yang kamu mau. Tapi kalau tidak bisa, lebih baik jangan dipaksakan.

  1. Atur komposisi gambar

Kalau kamu sudah menemukan foto mana yang akan di edit, selanjutnya kamu harus mengatur komposisi gambarnya. Jangan sampai kamu melewatkan tips ini karena dalam hal edit photo, pengaturan komposisi bisa dikatakan sebagai fondasi pentingnya agar bisa menghasilkan foto yang cantik.

Kamu bisa memanfaatkan rule of third yang berbentuk garis-garis kotak sebagai alat bantunya. Ketika kamu melihat ada bagian yang tidak perlu atau terasa aneh, pakai teknik crop atau potong di bagian tidak penting itu. Jangan lupa ikuti garis kotaknya agar terlihat lebih komposisi dan teratur.

  1. Mengatur cahaya, warna, dan kontras

Ketika kamu mendapati hasil fotonya kurang cahaya, tentu kamu masih bisa mengeditnya dengan mengatur pencahayaannya. Pakai brightness tool yang tersedia di aplikasi edit photo kamu. Tidak usah terpaku dengan tips-tips lain untuk mengatur cahayanya karena kamu harus menentukan sendiri seberapa tingkat yang kamu perlukan.

Kalau sudah, atur juga warnanya dengan memakai fitur saturation. Fitur itu akan memberikan pengaturan pada rona warna yang seperti apa. Apakah mau terlihat pucat atau lebih cerah. Sesuaikan saja dengan pengaturan cahaya yang kamu lakukan sebelumnya.

Jangan lupa tingkatkan kontrasnya area yang gelap atau terang terlihat lebih menarik dan dramatis.

  1. Gunakan filter

Kalau kamu merasa masih kurang puas dengan pengaturan sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan fitur filter yang pastinya tersedia di setiap aplikasi edit photo. Edit fiter bisa dipakai kalau kamu mau hasilnya memiliki warna yang senada. Tapi untuk memakainya, kamu harus menggunakan feeling yang kuat agar hasilnya tidak menjadi berantakan.

Pada umumnya, ada beberapa filter yang diberikan, seperti sepia, soft, fisheye, dan sebagainya. Tapi saat kamu mau menggunakannya, kamu harus pastikan dulu apakah fotonya layak untuk memakai filter atau tidak. Jangan sampai fotonya terlihat alay karena terlalu banyak menggunakan edit photo.

Terapkan semua kiat-kiat di atas agar hasil pengeditan kamu semakin bagus. Jangan lupa bagikan di media sosial kamu agar orang lain tertarik dengan cara kerja kamu. Di jamin mereka bisa kepoin akun kamu terus, nih.