Ketahui 5 Cara Untuk Menurunkan Gula Darah
Ketahui 5 Cara Untuk Menurunkan Gula Darah

Ketahui 5 Cara Untuk Menurunkan Gula Darah

159 View

Cara Menurunkan Gula Darah

Gula darah memang dapat diturunkan dengan penggunaan obat-obatan. Pada kasus diabetes yang parah atau jika gula darah tidak terkontrol dengan pengobatan, penggunaan suntik insulin juga bisa menjadi cara untuk menurunkan gula darah.

Selain dengan obat-obatan, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan sebagai cara menurunkan gula darah, di antaranya:

1. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih atau obesitas bisa menyebabkan gula darah lebih sulit terkontrol. Sebuah riset menyebutkan bahwa menjaga berat badan tetap ideal bisa menurunkan risiko seseorang untuk terkena diabetes hingga mencapai 58%.

Oleh karena itu, kamu perlu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal agar kadar gula darah bisa lebih terkontrol.

2. Mencukupi waktu tidur

Tidur cukup selama 7–9 jam setiap hari dapat menekan kadar gula darah dalam tubuh. Kualitas tidur yang kurang baik atau kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga berat badan mudah bertambah.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa gangguan tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin, sehingga gula darah mudah meningkat.

3. Mengendalikan stres

Saat sedang stres, tubuh akan mengeluarkan hormon glukagon dan kortisol yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah.

Oleh karena itu, mengendalikan stres juga penting dilakukan sebagai salah satu cara menurunkan gula darah. Disini kamu dapat mengurangi stres dengan berbagai cara, misalnya olahraga, relaksasi dan yoga.

4. Mengontrol porsi makanan

Porsi makanan yang terkontrol dapat membantu kamu mengurangi asupan kalori dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk makan dengan piring kecil secara perlahan dan biasakan diri untuk membaca jumlah kalori yang tertera pada label makanan sebelum mengonsumsinya.

5. Memantau gula darah

Jika kamu berisiko menderita diabetes atau sudah terdiagnosis terkena diabetes, ukur dan catatlah kadar gula darah kamu setiap harinya. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan apakah kadar gula darah tetap terkontrol atau tidak.

Selain itu, para penderita diabetes yang sudah menjalani pengobatan, pemantauan kadar gula darah juga penting dilakukan untuk memastikan obat diabetes yang digunakan cocok dan bisa mengontrol gula darah dengan baik, serta untuk mendeteksi efek samping yang mungkin muncul, seperti hipoglikemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *