Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

74 views

Megindo.co.id -Pada lesempatan kali ini admin akan meberikan sebuah informasi mengenai Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, yang tentunya sangat penting sekali kita ketahui.

Buah pepaya hanya dikenal penggunaannya sebagai buah pencuci mulut. Namun, temuan studi baru menunjukkan bahwa ini tidak terjadi. Manusia sangat diuntungkan dari akar hingga daun pohon pepaya. Tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi juga dapat digunakan sebagai dasar kosmetik dan untuk memerangi kanker.

Padahal, pepaya bukan asli Indonesia. Pepaya adalah tanaman asli Amerika Tengah yang termasuk dalam famili Caricaceae. Tanaman ini cukup populer di Meksiko dan Kosta Rika.

Tanaman ini dapat tumbuh di iklim tropis dan subtropis. Kenyataannya, tanaman buah ini dapat tumbuh dan berkembang baik di lingkungan basah maupun kering, dataran rendah maupun dataran tinggi, termasuk tempat-tempat pegunungan pada ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 8-10 meter, tergantung pada jumlah air dan unsur hara di dalam tanah. Di Indonesia, pusat pengembangan pepaya dapat ditemukan di seluruh Jawa, Sumatera Selatan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Kandungan Pepaya

Buah pepaya mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Ini termasuk vitamin, beta-karoten, protein, lipid, dan berbagai enzim dan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

“Namun, yang paling banyak dalam pepaya, menurut saya, adalah vitamin A dan beta-karoten.” “Peranan beta-karoten adalah sebagai antioksidan,” kata Bambang S. Djokoleno, seorang herbalis dan pendidik holistik di sebuah klinik medis di lingkungan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Papain adalah bahan kimia paling terkenal yang ditemukan di pepaya. Bahan kimia ini terkenal karena kemampuannya untuk bertindak sebagai enzim proteolitik (pemecah protein). Sebagai komponen dalam obat-obatan, kosmetik, dan tekstil, papain semakin banyak dimanfaatkan dalam industri.

Buah pepaya adalah sumber papain yang paling melimpah, terhitung sekitar 400 unit pembekuan susu (MCU) per gram. Berbeda dengan batang dan daun pepaya yang hanya menghasilkan 200 MCU/gram.

Pepaya menghasilkan tiga jenis papain yang berbeda. Papain mentah (crude papain), papain bersih (refined papain), dan papain murni adalah tiga jenis papain (papain murni). The United States Botanical Derivatives Catalogue telah menetapkan standar kualitas papain untuk mendapatkan papain terbaik.

Jika papain perusahaan atau negara tidak sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan, dianggap tidak memenuhi syarat untuk memasuki pasar Amerika dan Eropa. Namun, tidak ada konsensus tentang bagaimana mendefinisikan kriteria kualitas papain yang harus dipenuhi.

Manfaat Pepaya

Bambang yang berkecimpung di bidang herbal sejak tahun 2002, percaya bahwa selain rasanya yang enak, pepaya memberikan berbagai manfaat kesehatan. “Ibu rumah tangga mungkin sudah mengetahui salah satu manfaat getah pepaya.

Menurut laporan, getah yang diperoleh dari buah pepaya dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses pelunakan daging. Sedangkan buah pepaya matang cukup bermanfaat untuk fungsi pencernaan, ” dia telah menyatakan.

Masalah pencernaan, menurut Bambang, sangat kritis. Jika tidak segera diobati, penyakit ini akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Akibatnya, di Cina, muncul pola pengobatan tradisional yang menggunakan pepaya sebagai bahan utama obat. Ahli herbal ini menganjurkan minum koktail pepaya untuk mengobati masalah perut pada khususnya.

Tantangannya adalah memilih pepaya dengan ukuran tertentu. Blender buah pepaya yang masih mempertahankan kulit dan bijinya hingga terbentuk cairan yang halus. Setelah itu, saring airnya dan minum hingga 200 cc setiap tiga hari sekali.

Bagi orang yang memiliki masalah pencernaan, ramuan ini dikatakan dapat membantu proses pencernaan hanya dalam beberapa hari.

Menurut laporan, buah pepaya digunakan untuk lebih dari sekedar pencernaan. International Cancer Foundation melaporkan pada tahun 1997 bahwa kandungan vitamin C dan karoten pada buah pepaya dapat membantu mencegah kanker.

Selanjutnya, buah pepaya dapat digunakan untuk mengobati kanker usus besar, kanker pankreas, kanker kandung kemih, dan kanker payudara, serta menghilangkan radikal bebas penyebab kanker.

Pepaya tidak hanya baik untuk kesehatan Anda. Saat ini, komponen papain dalam pepaya sedang diteliti untuk digunakan dalam kosmetik. Elemen dasar dalam krim dan pembersih wajah adalah papain. Karena papain dianggap mampu melarutkan sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit. Seperti pada noda dan bercak kulit.

Selain itu, pepaya dapat digunakan sebagai alas bedak untuk terapi jerawat. Idenya adalah menggunakan daun pepaya tua yang telah dijemur lalu dihaluskan hingga halus. Kemudian, tambahkan satu setengah sendok teh air sebelum mengoleskannya ke kulit yang berjerawat.

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, yang sangat penting kita ketahui, semoga informasi yang admin sajikan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua.

Gallery for Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.