Cara mengobati glaukoma pada mata

Glaukoma adalah gangguan penglihatan orang yang sudah diatas 60 tahun yang disebabkan karena kerusakan saraf mata akibat penekanan yang terjadi di bola mata. Glaukoma bisa saja berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kebutaan secara permanen. Jenis jenis glaukoma ada banyak seperti glaukoma sudut terbuka, sudut tertutup, konginetal dan sekunder dan dalam mnegobati glaukomapun bermacam – macam harus diketahui dulu penyebab dan gejalanya bagaimana serta dilihat juga tingkat keparahannya. Glaukoma diobati ada 2 cara yaitu dengan cara alami atau bisa dilakukan dirumah atau dengan cara dokter tentu saja pilihan yang paling umum adalah dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Pilihan berobat ke dokter spesialis mata akan sangat tepat jika memang sudah menderita glaukoma pada tahap yang parah. karena jika ditangani oleh orang yang professional dan mengerti maka akan memproses cepat fase penyembuhan. Semua dokter pasti akan melakukan diagnosis terlebih dahulu kepada pasiennya mengetahui apa gejala yang dirasakan pasien sehingga tau penyebabnya dan mulai mengobati glaukoma yang diderita pasiennya. Dokter akan menjelaskan berbagai pilihan pengobatan glaukoma dengan secara medis. dilansir dari hellosehat ada empat macam pengobatan glaukoma ditangani secara medis :

  1. Menggunakan Laser

Mungkin ini akan terdengar menakutkan di telinga kalian tetapi inilah salah satu cara untuk menyembuhkan glaukoma. laser ini berfungsi untuk membantu menguras kelebihan cairan yang ada pada bola mata kita terdapat dua jenis pengobatan laser yaitu : a) trabelakuloplasti, biasanya orang yang memilih pengobatan glaukoma menggunakan laser trabelakuloplasti adalah orang penderita glaukoma sudut terbuka. trabelakuloplasti akan membuat sudut pandang anda yang menjadi tempat drainase dapat bekerja dengan baik serta lebih maksimal. b) iridotomi, biasanya orang yang memilih pengobatan glaukoma menggunakan laser iridotomi adalah orang penderita glaukoma sudut tertutup. Cara kerjanya adalah iris akan dilubangi menggunakan sinar leser yang dilakukan agar cairan yang terdapat dalam mata dapat mengalir dengan baik baik tetapi cara laser ini hasilnya tidak seefektif operasi.

  1. Obat tetes mata

Disini maksudnya adalah obat tetes mata yang khusus untuk mengobati glaukoma yang didapatkan dengan resep dokter tentu dengan dosis dan petunjuk yang sudah ditetapkan oleh dokter. Obat mata yang khusus untuk glukoma seperti :

  • Golongan parasimpatomimetik

Contoh nya pilokarpin

  • Golongan inhibitor karbonik anhydrase

Contohnya dorzolamide dan brinzolamide

  • Golongan antagonis adrenergic

Contohnya timolol dan betaxolol

  • Golongan analog prostaglandin

Contoh ya latanaprost, travoprost, tafluprost, dan bimatoprost.

  1. Dengan mengonsumsi obat minum

Biasanya dokter akan juga meresepkan obat agar dikonsumsi di rumah ada 2 pilihan obat yang khusus untuk mengobati glukoma :

  • Golongan inhibitor karbonik anhidrase

Contoh nya acetazolamide. Biasanya di resepkan untuk penderita glaukoma akut untuk digunakan terapi singkat serta diberikan juga kepada penderita yang tidak dapat menjalani operasi.

  • Golongan hiperosmotik

Contohnya gliserol dan pemberian obat ini hanya pada beberapa amsalag glaukoma yang sudah akut akut dan dalam jangka waktu yang singkat hanya hitungan jam tetapi efek samping dari obat ini sangat tinggi dibandingkan obat tetes mata

  1. Memilih jalan Operasi

Dari semua pilihan mengobati glaukoma ini adalah cara yang paling ampuh tetapi juga cara yang beresiko dan tidak menghabiskan biaya yang sedikit. tetapi untuk penderita glaukoma yang sudah tahap parah akan disarankan memilih jalan operasi karena takutnya nanti akan mengalami kebutaan.ada 2 jenis pembedahan untuk mengobati glaukoma yaitu trabekulektomi dan alat drainase glaukoma.