Cara Mengatasi Kecanduan Game Online di Tempat Rehabilitasi

Cara mengatasi kecanduan game online yang menimpa banyak remaja belakangan ini sebenarnya cukup melalui pendekatan orangtuanya. Namun, tidak sedikit pula orang tua yang tidak sanggup menghadapinya. Karena kebanyakan orang yang mengalami kecanduan mudah emosi apabila dicegah untuk tidak lagi melakukan akitivitas yang menjadi kecanduannya.

Dengan begitu, masalah kecanduan, salah satunya kencanduan game online, bukanlah hal yang sepele. Apabila kencanduannya tidak disembuhkan, akan berakibat buruk pada mental si anak. Apabila orangtua tidak sanggup mengatasi kecanduan game online anaknya, maka sebaiknya dikirim ke tempat rehabilitasi.

Inilah Cara Mengatasi Kecanduan Game Online di Tempat Rehabilitasi

Kecanduan game online bukan hal yang mustahil lagi saat ini. Dr. Gumilar yaitu pengasuh Ponpes yang menangani masalah kecanduan game mengatakan bahwa fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga luar negeri. Tempat rehabilitasi kecanduan game online berbasis keagamaan akan lebih efektif untuk digunakan. Berikut ini adalah cara mereka mengatasi kecanduan game online yang kami rangkum dari https://www.harapanrakyat.com/.

  1. Mandi

Cara mengatasi kecanduan game online yang pertama yaitu dengan mandi. Mereka yang kecanduan game online biasanya kesadarannya melemah. Hal tersebut bisa terjadi karena keinginan untuk memainkan game tidak bisa dilakukan. Pasien membutuhkan mandi dan wudhu untuk menenangkannya. Pasalnya mandi dan wudhu akan mensucikan sehingga bisa kembali menghadap Allah SWT.

Wudhu memiliki makna simbolik dimana mencuci muka berarti mensucikan wajah yang berperan penting dalam mengekspresikan jiwa. Mencuci lengan berarti mensucikan perbuatan buruk yang selalu dilakukan. Selanjutnya mengusap kepala berarti mensucikan otak dan pikiran dimana menjadi pusat pengendalian aktifitas. Dan terakhir membasuh kaki berarti mensucikan langkah demi langkah buruk yang pernah dilalui.

Dari makna simbolik di atas dapat kita ketahui bahwa wudhu dan mandi tidak hanya untuk membersihkan tubuh saja namun juga membersihkan diri dari segala keburukan. Mereka yang selesai mandi dan wudhu akan merasa dirinya lebih segar dan siap melakukan ibadah dengan lebih baik.

  1. Sholat

Setelah mensucikan diri melalui wudhu dan mandi, pasien yang mengalami kecanduan game online harus melakukan sholat. Pasien bisa melakukan berbagai macam sholat baik itu sholat fardhu atau sholat wajib maupun sholat sunnah. Sholat dapat menenangkan pasien dari berbagai macam hal yang mengganggu otaknya sehingga bisa berfikir dengan lebih baik.

Ketika selesai sholat dan berdoa, pasien tidak serta merta bubar begitu saja. Akan ada tambahan kurikulum yang diberikan kepada mereka sebagai tambahan pengetahuan. Dalam hal ini, pasien mungkin akan merasa bosan. Disitulah tugas para pengajar untuk membuat mereka tertarik dengan kurikulum yang diberikan.

  1. Ruqyah Syar’iyyah

Cara mengatasi kecanduan game online selanjutnya adalah dengan Ruqyah Syar’iyyah. Ruqyah ini lebih utama karena bersumber pada Al Quran dan As Sunnah. Di antara surat Al Quran, Al Fatihah merupakan Ar Ruqyah dimana tujuannya yaitu meminta perlindungan Allah dengan dzikir dan doa untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Sedangkan untuk Ruqyah yang dilarang disebut dengan Ruqyah Syirkiyah yang biasa dilakukan oleh para dukun.

  1. Spiritual – Hypnotivation (Shot) Therapy

Spiritual – Hypnotivation yang juga dikenal dengan SHOT merupakan teknik yang dilakukan untuk memberikan mindset kepada pasien agar memiliki motivasi sukses baik di dunia dan akhirat. Cara ini memungkinkan diri sendiri untuk menjadi motivator bagi hawa nafsu yang selalu datang. Metode ini menggabungkan konsep sugesti positif dengan hypnotherapy dan hypnosis.

Tujuan dari metode ini adalah memprogram alam bawah sadar untuk memiliki motivasi sukses. Segala potensi di dalam diri akan dimaksimalkan dengan baik sehingga bisa menjadi orang yang professional dalam berbagai bidang profesi yang digeluti. Gumilar menyebutkan bahwa SHOT paling cocok diikuti oleh mahasiswa, pelajar, karyawan, pebisnis, dan pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang.

  1. Pembinaan

Pembinaan dilakukan sesuai dengan kurikulum yang telah dibuat, termasuk dengan mandi, wudhu, sholat, dan dzikir. Kemudian diberikan pembinaan hypnotherapi, ruqyah syar’iyyah, serta ibadah lain. Tak lupa diadakan evaluasi terhadap pasien yang kecanduan game untuk mengetahui perkembangan kesehatan rohani maupun jasmaninya.

Sebagai orang tua Anda harus selalu mengawasi pergaulan dan aktivitas anak agar mereka berada pada jalur yang tepat. Sebenarnya lebih baik mencegah daripada mengatasi, namun jika sudah terlanjur terjadi mau tidak mau Anda harus membawanya ke tempat rehabilitasi. Semoga informasi mengenai cara mengatasi kecanduan game online di atas berguna untuk Anda.