Buah Ceri Mampu Berikan 3 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh
Buah Ceri Mampu Berikan 3 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh

Buah Ceri Mampu Berikan 3 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh

64 views

Megindo.co.idBuah Ceri Mampu Berikan Manfaat Kesehatan untuk Tubuh. Buah ceri sering kali menghiasi kue-kue manis kesukaan Anda. Bukan hanya sebagai hiasan, ternyata ceri juga bisa Anda nikmati secara langsung atau jadi teman makan yogurt favorit Anda.

Ceri ternyata kaya kandungan nutrisi yang dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Yuk, cari jawabannya pada ulasan berikut ini!

Buah kecil dengan warna merah yang cantik ini memiliki nama latin Prunus cerasus L. dan Prunus avium L. Biasanya, orang-orang menyajikan buah ini sebagai manisan buah atau hiasan untuk makanan lain. Anda juga bisa menikmati buah ini dalam sajian jus ceri.

Baca juga:Manfaat Bunga Telang Ungu Bagi Kesehatan

Manfaat buah ceri bagi kesehatan

Buah Ceri Mampu Berikan 3 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh
Buah Ceri Mampu Berikan 3 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh

1. Mengurangi stres oksidatif

Stres oksidatif adalah pertanda bahwa tingkat radikal bebas lebih tinggi daripada pertahanan tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Biasanya stres oksidatif terjadi akibat tubuh terpapar radikal bebas, yakni molekul yang ada pada polusi, asap rokok tembakau, asap rokok eletrik atau vape.

Untungnya, stres oksidatif bisa Anda atasi dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti ceri. Manfaat antioksidan pada ceri manis maupun ceri asam dapat mengurangi kerusakan sel akibat stres oksidatif.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah normal membantu menjaga kesehatan jantung. Bila tekanannya tinggi, bisa jadi Anda memiliki hipertensi dan berisiko juga mengalami penyakit jantung di kemudian hari. Pasalnya, tekanan darah yang tinggi membuat jantung lebih keras dalam memompa darah.

Baca juga:Peluang Bisnis Menguntungkan Saat Musim Hujan

Jika Anda ingin tekanan darah tetap stabil, konsumsi ceri secara rutin bisa jadi salah satu cara mudahnya. Buah ceri memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah karena merasangsang penurunan endotelin-1 (ET-1) .

3. Memiliki potensi menurunkan risiko diabetes

Khasiat buah ceri ternyata juga berpengaruh pada kadar gula darah yang berpotensi dalam pencegahan diabetes. Hasil studi menunjukkan bahwa antosianin pada buah ceri dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat produksi glukosa dari karbohidrat kompleks dan glukagon oleh sel alfa pankreas.

Efeknya ini dapat meningkatkan pengambilan glukosa hati dan merangsang produksi insulin oleh pankreas. Insulin sendiri merupakan hormon yang bertugas untuk mengatur kadar gula darah. Itu artinya, jika produksi insulin meningkat, tubuh akan lebih mudah menurunkan kadar gula darah.

Gallery for Buah Ceri Mampu Berikan 3 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *