Beragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan
Beragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

80 views

megindo.co.idBeragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan. Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini cukup populer dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen.

Selain itu, buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Selain dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, buah mengkudu ini juga dipercaya dapat melembapkan kulit dan menyamarkan kerutan halus di wajah. Sayangnya, efektivitas buah mengkudu tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Buah mengkudu memang memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pahit. Meski demikian, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam, di antaranya:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu yang juga tidak kalah penting adalah untuk memperkuat daya tahan atau sistem imunitas tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit sehingga Anda pun tidak mudah sakit.

2. Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Sebuah riset menunjukkan jika ekstrak buah mengkudu atau jus buah mengkudu bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Efek ini diduga berkat kandungan zat antioksidan dan antiradang yang cukup tinggi pada buah mengkudu.

Baca Juga :

3. Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh

Sel-sel dan jaringan tubuh dapat cepat rusak ketika tubuh sering terpapar radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber, seperti asap rokok, polusi, racun, dan paparan radiasi atau sinar matahari berlebih.

Jika terlalu banyak terpapar radikal bebas, maka sel-sel tubuh akan cepat rusak dan hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Selain itu, buah mengkudu juga diketahui dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan zat tersebut.

4. Mengurangi nyeri sendi

Buah mengkudu sudah digunakan secara tradisional untuk meringankan nyeri dan meredakan peradangan di dalam tubuh. Ekstrak buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya pada penderita osteoarthritis.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai informasi Beragam Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang dapat admin bagikan informasinya kepada sobat semua. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *