Apa itu Spooring Beserta Tujuan & Harga Terbaik 2019

Bagi sebagian orang kata spooring tentu masih sangat asing, Namun bagi pengguna kendaraan khususnya mobil harusnya sudah memahami beberapa jenis servis yang diperlukan untuk menjaga performa transportasi beroda empat tersebut. Salah satu servis yang diperlukan bernama spooring. Untuk info lengkap apa itu spooring akan dibahas di bawah ini beserta tujuan servis tersebut dilakukan dan budget yang diperlukan.

Pengertian Spooring

Secara umum, spooring merupakan proses perbaikan pada kendaraan roda empat  untuk meluruskan beberapa komponen seperti semula sesuai factory setting. Spooring masuk dalam rangkaian perawatan kendaraan yang perlu dilakukan agar beberapa fungsi mobil berjalan seperti sedia kala.

Anda perlu mengetahui tanda-tanda mobil pribadi perlu masuk bengkel untuk servis spooring dengan mengamati beberapa hal berikut.

  1. Ketika sedang mengemudi dengan kecepatan tinggi, anda merasakan kemudi bergetar, hal ini berkaitan dengan mekanisme setir dan roda depan.
  2. Merasakan pengalaman mobil yang sedang dikendarai seakan berbelok padahal arah lurus dan melaju. Biasanya gerakan tiba-tiba tak terkendali ini tidak tentu arahnya.
  3. Posisi stir yang tidak kembali ke posisi semula setelah dibelokkan.
  4. Anda merasa seakan posisi mobil yang sedang dikendarai tidak berjalan seperti biasanya tetapi terasa miring. Gejala ini masuk dalam kategori parah dan dapat membahayakan pengemudi serta penumpang.
  5. Permasalahan roda yang sudah tidak layak digunakan. Apabila anda pernah mengalami kejadian roda miring ketika parkir meskipun tempatnya datar.
  6. Letak antara kedua ban belakang terlihat tidak sejajar lagi. Untuk mengetahuinya, anda hanya perlu mundur beberapa langkap ke belakang mobil dan lihat kedua ban dengan seksama. Bisa jadi ban tidak presisi.

Tujuan spooring mobil

Manfaat melakukan spooring kendaraan secara teratur tidak hanya sebatas perbaikan kecepatan mobil saja. Anda akan menikmati proses berkendara meskipun dalam jarak yang jauh. Kenyamanan itu berupa hal-hal berikut:

  1. Kondisi ban mobil tidak cepat rusak termasuk menghindari kondisi aus yang tidak rata pada permukaannya.
  2. Hemat bahan bakar.
  3. Stir lebih stabil dan mudah dikendalikan meskipun dalam kecepatan tinggi.
  4. Kemudi secara otomatis akan kembali ke kondisi lurus setelah dibelokkan. Anda tidak akan mendengar suara ‘berdencit’ dari ban.
  5. Dan akan menjaga understeel mobil lebih baik.

Budget untuk spooring mobil

Banyak sekali bengkel-bengkel yang memberikan paket spooring & balancing dengan harga beragam. Biasanya pihak bengkel akan menentukan harga pastinya setelah melihat tipe dan kondisi mobil anda. Rata-rata servis spooring akan menghitung perbaikan per roda kendaraan. Kisarannya dari mulai 175 ribu rupiah untuk satu roda.

Anda bisa menghemat dengan mencari paket servis yang sedang berlangsung. Promo paket seringkali ditawarkan saat musim mudik lebaran karena sudah pasti banyak orang akan mempersiapkan kendaraan roda empatnya untuk pulang ke kampung halaman anda.

Tata cara manual spooring mobil

Beberapa langkah berikut adalah gambaran proses spooring mobil yang dilakukan secara manual.

  1. Perlu dipastikan terlebih dahulu jika empat roda mobil mempunyai ukuran & merek sama, hal ini diklaim lebih baik untuk menghindari ketidakselarasan ukuran ban.
  2. Diperlukan benang bangunan untuk memulai proses spooring. Pertama, bentangkan persisi di titik as keempat roda tanpa terhalang apapun. Jika ada salah satu roda tidak sejajar maka lakukan penyetelan tie rod.

Jika anda memiliki mobil, tentunya anda harus mengetahui gejala mobil harus dispooring, biaya, hingga cara manualnya agar anda bisa lebih tahu apabila mobil harus segera diperbaiki. Hal ini sangat penting karena menyangkut keselamatan anda saat berkendara.