6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

151 views

6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh -Jahe diklasifikasikan menjadi tiga varietas: jahe putih, jahe kuning, dan jahe merah. Jahe merah memiliki kandungan rasa pahit dan pedas yang lebih tinggi dibandingkan kedua jahe lainnya dan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.

Salah satu manfaat jahe merah yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk menyembuhkan asma dan sesak napas.

Asma, yang sering dikenal dengan ‘kesulitan bernafas’ dalam bahasa Yunani, adalah suatu kondisi yang muncul ketika saluran udara membesar dan kapasitas untuk bernapas menjadi terbatas.

Debu, bulu binatang, tembakau, serbuk sari, dan aktivitas keras merupakan pemicu potensial untuk kondisi ini. Bila ada pemicunya, episode asma ringan hingga berat yang bisa mengancam jiwa bisa terjadi kapan saja.

Ketika otot polos bronkus kejang dan membesar akibat peradangan dan keluarnya lendir, seperti sering bersin, serangan asma terjadi.

Hal ini menyebabkan diameter saluran pernapasan yang menuju ke paru-paru menyempit, sehingga mengakibatkan kesulitan bernapas. Awalnya, histamin dan leukotrien yang dihasilkan oleh sel mast di saluran udara menyebabkan kejang ini.

Sel mastosit bereaksi dengan cara ini ketika mereka melihat benda asing sebagai benda asing (alergen). Sel-sel lain di saluran pernapasan, yaitu eosinofil, bereaksi terhadap alergen dengan memproduksi lipoksigenase, yang dapat membatasi saluran pernapasan.

Anda bisa mencoba salah satu manfaat jahe merah sebagai pengobatan asma untuk membantu meminimalkan reaktivitas sel-sel di atas.

Jahe merah, menurut ahli herbal Mahendra, mengandung khasiat yang membantu menjaga fungsi saluran pernapasan. Kehadiran bahan kimia bronkial splasmolitik dalam jahe merah telah terbukti membantu penyerapan oksigen yang benar dan meningkatkan paru-paru yang lebih sehat, memastikan bahwa reaksi sel masosit dan eosinofil tidak mempengaruhi tubuh penderita.

Sangat mudah untuk membuat koktail jahe merah untuk terapi asma; cukup siapkan 250 gram jahe merah untuk satu hari.

Tidak perlu mengupas jahe; cukup cuci saja. Iris tipis jahe dan masukkan ke dalam 500ml air hingga mendidih. Jika perlu, tambahkan gula. Setelah campuran tersebut mendidih, tuang ke dalam gelas, tunggu hingga hangat, dan minumlah secara rutin.

Minum sekali sehari sampai gejala asma hilang sama sekali. Anda dapat meningkatkan kekuatan terapeutik jahe merah dengan menambahkan madu. Madu, terutama madu murni, mengandung mineral penting yang membantu memperlambat kecepatan sel eosinofil menghasilkan enzim lipoksigenase.

Ternyata, selain sebagai obat asma yang sangat baik, ia memiliki sejumlah kualitas tambahan yang bermanfaat bagi kesehatan fisik. Berikut beberapa info tambahan.

6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

• Manfaat jahe merah untuk pria

Jika jahe merah dijadikan ramuan tradisional, khasiatnya sangat bermanfaat bagi kaum adam. Tumbuhan yang ada di lingkungan rumah cukup efisien dalam meningkatkan vitalitas pria dan memperkuat ketahanan sperma.

• Membantu dalam pemanasan tubuh

Manfaat utama jahe untuk kesehatan adalah membantu menghangatkan atau menaikkan suhu tubuh. Saat cuaca dingin atau di tempat berbukit, Anda bisa meminum jahe merah atau membuat minuman jahe. Jahe merah juga memiliki sifat anti-toksin dan anti-virus yang dapat digunakan untuk mengobati pilek dan batuk.

Manfaat Kecantikan Jahe Merah

Tanaman jahe merah ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk penampilan. Karena masuknya bahan kimia dianggap meminimalkan kulit berminyak. Jahe merah juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat, dan prosedurnya sederhana.

Bersihkan jahe merah dengan baik sebelum mengirisnya menjadi lembaran dan menutupi wajah Anda dengan irisan. Untuk mencapai manfaat terbaik, gunakan secara teratur.

Pencernaan menjadi lebih cair

Jahe merah tidak hanya menjadi buah yang dapat membantu pencernaan, tetapi ternyata juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang kesulitan buang air besar atau sembelit.

Karena inti dari tanaman rimpang ini adalah untuk mengurangi peradangan, ia juga memiliki kemampuan untuk menyerap makanan dan mencegah gangguan pencernaan.

• Manfaat jahe merah untuk rematik

Jahe memiliki bahan kimia yang dapat mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan, dan juga dapat membantu pengobatan rematik dan asam urat.

Rahasianya adalah menyiapkan campuran rebusan jahe merah. Untuk permulaan, siapkan kira-kira 2 ruas jahe merah dengan cara dipotong dan ditiriskan, lalu direbus dengan 1 gelas gula pasir atau madu murni. Minum ramuan ini setiap hari untuk manfaat terbaik.

Pengobatan batuk

Jahe merah juga bermanfaat untuk meredakan batuk dan menyembuhkan batuk. Jahe merah mengandung karakteristik menghangatkan yang dapat membantu meredakan batuk, dan serat dapat membantu mengatasi iritasi tenggorokan.

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang 6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh, yang tentunya perllu kalian ketahui, semoga informasi yang admin sajikan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.