7 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil agar Anak Terlahir Cerdas

Masa kehamilan adalah periode penting dalam menumbuhkembangkan buah hati sejak dini. Asupan nutrisi ibu hamil harus terpenuhi agar janin tumbuh sehat dan terlahir cerdas. Selama masa kehamilan, sangat dianjurkan bagi Anda agar mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Semua itu diperlukan demi kecerdasan buah hati. Inilah daftar makanannya.

  1. Salmon

Salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengapa demikian? Salmon kaya akan omega-3, sehingga sangat menunjang perkembangan otak si kecil. Anda dapat memasak salmon dengan merebusnya dan hindarilah pemakaian MSG ataupun bahan kimia lainnya ketika mengolah salmon. Hal ini dilakukan demi kesehatan janin.

  1. Susu

Susu secara otomatis menjadi asupan nutrisi ibu hamil yang rutin dikonsumsi. Kandungan nutrisi di dalamnya sudah didesain untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin. Dengan demikian, Anda harus mengonsumsi susu dalam porsi yang sesuai dan rutin. Berbagai protein dan vitamin di dalamnya mampu meningkatkan perkembangan otak dan menjaga imunitas.

  1. Telur

Telur termasuk sumber protein hewani yang kaya protein dan vitamin, sehingga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, choline yang ada pada telur mampu memicu perkembangan otak janin. Kecerdasan si kecil dapat dioptimalkan dengan mengonsumsi telur sebagai nutrisinya.

  1. Minyak Ikan

Makanan sehat untuk ibu hamil berikutnya adalah minyak ikan. Pada umumnya, minyak ikan bersumber dari ikan kod yang mengandung banyak protein. Kini, minyak ikan mudah dikonsumsi, yaitu bisa diminum dalam bentuk kapsul. Untuk itu, rutinlah dalam mengonsumsi minyak ikan demi kecerdasan otak si buah hati sejak dalam kandungan.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat penting dalam menjaga kesehatan. Tak hanya itu, nutrisi di dalamnya juga mampu meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan zat besi, zat antioksidan, vitamin A, kalsium, serta potassium, mampu bersinergi memicu pertumbuhan dan perkembangan otak. Kandungan seratnya yang tinggi juga mampu melancarkan sistem pencernaan.

Baca juga : Hitungan weton jawa untuk mengetahui kecocokan jodoh

  1. Kacang Polong

Kacang-kacangan memang terkenal sebagai sumber protein nabati andalan. Untuk meningkatkan kecerdasan janin, Anda dianjurkan mengonsumsi kacang polong karena kaya protein dan vitamin E. Kesehatan janin juga terjamin karena sistem imunnya menjadi terkontrol. Berat badan bayi juga ideal hingga saat persalinan nanti.

  1. Alpukat

Alpukat terkenal sebagai buah yang kaya akan lemak, namun bukanlah lemak jahat. Jadi, ibu hamil tetap diperbolehkan makan alpukat karena mengandung lemak baik untuk menunjang metabolisme tubuh.

Lemak baik ini akan membantu memecah lemak jahat dan memperlancar peredaran darah. Alpukat juga mengandung protein dan vitamin (B, E, K) yang bagus untuk mencerdaskan si kecil sejak dalam kandungan.

Berbagai makanan sehat tersebut mempunyai kandungan nutrisi optimal untuk dukung kecerdasan buah hati. Anda harus mengonsumsinya secara rutin dan berkelanjutan agar mendukung perkembangan otak si kecil sejak di dalam kandungan. Anda bisa berganti-ganti menu makanan sehat untuk ibu hamil tersebut agar tidak cepat bosan.