7 Cara Penulisan Gelar Akademik yang Benar dan Tepat

Gelar seseorang, entah itu gelar diploma, sarjana ataupun magister adalah menunjukkan seberapa tinggi tingkat pendidikan orang yang menyandang gelar tersebut. Dengan melihat gelar yang ada, biasanya orang akan tahu seperti apa latar belakang si pemilik gelar. Oleh sebab itu penulisan gelar haruslah benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebab, bila salah, gelar yang ada juga bisa salah arti dan malah tak ada artinya sama sekali. Sebenarnya, bagaimana sih cara penulisan gelar sesuai EYD itu? Untuk lebih baik dan benarnya, Anda bisa melihat caranya di sini!

Penulisan Gelar Diploma

Pertama, untuk gelar diploma. Untuk penulisan gelar diploma ini adalah berada di bagian akhir nama si pemilik gelar yang dipisahkan dengan tanda koma dan spasi. Diploma sendiri terbagi dalam beberapa macam. Pertama adalah Diploma Satu yang ditulis dengan A.P dengan maksud Ahli Pratama.

Lalu, ada Diploma Dua yang ditulis dengan A.Ma yang artinya adalah Diploma Muda. Lanjut, ada Diploma Tiga yang ditulis dengan A.Md yang maksudnya adalah Ahli Madya. Terakhir, ada Diploma Empat yang ditulis dengan huruf A saja yang maksudnya adalah Profesional Ahli.

Ada banyak gelar untuk diploma ini bila dilihat dari latar belakang pendidikannya. Penulisan gelar A.Md misalnya, Ahli Madya Pendidikan yang disingkat dengan A.Md.PD. Lalu, ada Ahli Madya Keperawatan yang ditulis A.Md.Per. Ada juga Ahli Madya Kesehatan yang ditulis dengan A.Md.Kes dan masih banyak lagi gelar diploma yang bisa Anda temukan.

Penulisan Gelar Sarjana Dalam Negeri

Selanjutnya adalah gelar sarjana dalam negeri. Penulisan gelar sarjana sebenarnya sangat mudah. Sebab, gelar untuk lulusan strata satu ini hanya diwakilkan dengan huruf S yang diikuti dengan program keahlian si pemilik gelar. Untuk penulisannya, terletak di bagian akhir nama si pemilik gelar dan dipisah menggunakan tanda koma dan spasi.

Ada banyak gelar sarjana yang bisa Anda lihat dari latar belakang pendidikannya. Misalnya saja, ada S.Ag untuk Sarjana Agama. Lalu, ada S.Pd untuk Sarjana Pendidikan. Lalu, ada S.Si untuk Sarjana Sains, ada juga S.Psi untuk Sarjana Psikologi. Lalu, ada S.Hum untuk Sarjana Humaniora, S.Kom untuk Sarjana Komputer dan masih banyak lagi yang bisa Anda temukan.

Untuk cara menulis gelar bagi seorang sarjana, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, terletak di akhir nama si pemilik gelar setelah tanda koma dan spasi. Contoh penerapannya adalah Ahmad Arfi, S.Pd.I untuk Sarjana Pendidikan Islam. Bisa juga Susilawati, S.H.I untuk Sarjana Hukum Islam. Untuk penulisan gelar S.E, Anda bisa lihat pada Susilawati, S.E.

Penulisan Gelar Sarjana Luar Negeri

Selain sarjana dalam negeri, ada juga sarjana luar negeri. Penulisan gelar bagi sarjana lulusan luar negeri ini agak berbeda dengan sarjana lulusan dalam negeri meski letak dari gelar tersebut masih di bagian akhir setelah nama si pemilik gelar yang dipisahkan dengan tanda koma dan spasi.

Bila sarjana dalam negeri diwakilkan dengan huruf S besar, maka untuk sarjana luar negeri diwakilkan dengan huruf B besar untuk Bechelor. Penulisan gelar Bechelor ini juga akan diikuti dengan inisal dari bidang studi yang diikuti orang yang bersangkutan. Sama halnya dengan program sarjana dalam negeri, program sarjana luar negeri juga banyak.

Misalnya saja, Bechelor of Law yang ditulis dengan L.L.B atau Sarjana Hukum. Lalu, ada juga Becelor of Library Science yang ditulis dengan B.L.S atau Sarjana Ilmu Perpustakaan. Ada juga Bechelor of Social Science yang mewakili Sarjana Sains yang ditulis dengan B.Sc. Lalu, ada Bechelor of Psychology untuk Sarjana Psikologi dengan tulisan B.Psy.

Penulisan Penulisan Gelar Magister

Setelah mengetahui bagaimana caranya menulis gelar untuk sarjana baik itu dalam negeri dan luar negeri, sekarang lanjut untuk gelar program studi yang ada di atasnya, S2 atau disebut juga dengan magister. Sama halnya dengan cara menulis gelar bagi para sarjana, gelar ini juga terletak di bagian akhir nama pemiliknya dan dipisahkan dengan tanda koma dan spasi.

Ada banyak program studi untuk program magister. Misalnya saja, M.Ag untuk Magister Agama. M.Pd untuk gelar Magister Pendidikan. Ada juga gelar M.Si untuk Magister Sains. M.Hum untuk Magister Humaniora. M.Kom untuk mereka yang Magister Komputer. M.T untuk Magister teknik dan masih banyak lagi.

Penulisan Gelar Dr dan DR

Selama ini, mungkin sebagian orang menganggap bahwa gelar Dr dan DR sama saja. Sekilas keduanya memang sama saja. Namun, sebenarnya bila Anda menganggapnya demikian, maka Anda sedang mengalami kerancuan. Untuk gelar Dr adalah khusus untuk mereka yang menempuh studi magister di bidang kedokteran.

Mereka yang lulus dari program ini akan mendapatkan gelar Dr yang ditaruh di depan namanya. Contoh penulisan gelar Dr ini adalah Dr. Anis Kusumawati. Sedangkan untuk gelar DR, ini adalah gelar Doktor Honoris Causa. Gelar ini tidak didapat dengan cara bersekolah atau kuliah hingga tamat atau menyelesainkan pendidikan doktoralnya.

Gelar ini untuk menunjuukkan seseorang yang telah mumpuni di bidangnya oleh sebuah perguruan tinggi. Gelar tersebut memang serata dengan gelar doktoral. Hanya saja, cara mendapatkannya yang berbeda.

Untuk gelar Dr, sebenarnya ada banyak penulisannya, lo! Misalnya saja, Anda bisa menemukan Dr. Saja untuk mereka yang lulusan doktor. Lalu, ada Doctor of Science atau disingkat dengan D.S untuk Doctor Ilmu Sains. Lalu, ada Doctor of Engineering atau D.Eng. ada Doctor of Medicine atau MD dan lain sebagainya.

Penulisan Penulisan Gelar untuk Master Luar Negeri

Gelar master untuk lulusan luar negeri sebenarnya juga diawali dengan huruf M di depannya layaknya gelar magister dalam negeri. Bedanya adalah program studi yang diikutinya. Sebagai contoh, Anda bisa melihat gelar M.A untuk lulusan magister luar negeri yang artinya dalah Master of Arts.

Lalu, ada M.Ed yang artinya adalah Master of Education. Ada juga M. Litt yang artinya adalah Master Literature. Lalu, M. Arch atau Master of Architecture. Masih banyak gelar master luar negeri lain yang bisa Anda lihat.

Penulisan Menulis Gelar Master dalam Bahasa Inggris

Beda lagi dengan cara menulis gelar master dalam Bahasa Inggris. Bila di Indonesia diwakili dengan huruf M untuk melambangkan magister, maka di sini dilambangkan dengan huruf D untuk Doctor. Ada banyak gelar S3 dalam Bahasa Inggris yang bisa Anda temui juga. Misalnya Ph.D atau Doctor of Philosophy.

Lalu, ada Ed.D atau Doctor of Education. Ada juga Sc.D atau Doctor Science, Th.D atau Doctor of Theology, Pharm.D atau Doctor of Theology, D.P.H atau Doctor of Public Health dan masih banyak lagi.

Nah, ada banyak cara penulisan gelar akademik baik bagi yang dari dalam negeri ataupun yang dari luar negeri. Anda harus menulisnya dengan benar agar gelar yang ada juga benar dan tak salah. Semoga, dengan mengetahui cara menulis yang benar ini, Anda bisa menulis gelar seseorang tanpa kesalahan lagi.