6 Hiasan Pada Saat Perayaan Imlek Ini Ternyata Ada Maknanya

Tak kalah dengan tahun baru hijriah maupun masehi, maka tahun baru China atau yang dikenal sebagai imlek sendiri juga begitu disambut meriah dan diperingati oleh masyarakat, khususnya adalah etnis Tionghoa, karena ini adalah saat untuk memulai tahun baru untuk meninggalkan kesialan yang terjadi di tahun sebelumnya dan juga mendapatkan keberuntungan di tahun yang akan datang, maka sering kali ada begitu banyak tradisi yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satu diantaranya adalah dengan memasang beragam jenis hiasan.

Ternyata di balik itu ada makna hiasan imlek yang hendaknya harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Lukisan maupun patung dewa dapur, di dalam Taoisme dewa dapur ini memiliki peran yang sangat penting di dalam melindungi perapian yang ada pada sebuah keluarga. Nyatanya dengan memajang lukisan ini dikatakan bisa memberikan laporan terkait dengan kegiatan rumah tangga kepada langit, khususnya pada akhir tahun lunar. Setiap tahunnya nanti akan diganti, Dewa dapur lama akan dibakar dan diganti yang baru.
  2. Pita hias cina, digunakan sebagai jimat pelindung dari roh keluarga atau sebagai jimat untuk keberuntungan. Sedangkan untuk simpulnya yang tidak berujung ini sebenarnya adalah tanda dari kehidupan dengan umur panjang.
  3. Amplop merah, selalu ada tradisi berbagi angpao dengan amplop merah, ini adalah sebuah lambang pertukaran dari harapan baik untuk memberi maupun menerima.
  4. Lampion merah, memiliki makna sebagai pengharapan, sehingga di tahun yang akan datang nantinya kehidupan akan diwarnai dengan lebih banyak rezeki dan juga kebahagiaan. Lampion merah ini juga dapat mengusir kekuatan jahat.
  5. Bunga hias, tak sekadar dijadikan sebagai dekorasi, nyatanya bunga hias ini juga memiliki makna, yaitu tahun baru yang lebih sejahtera.
  6. Chunlian, chunlian sendiri sebenarnya adalah potongan kertas merah yang bentuknya seperti berlian panjang dan biasanya ditulis dengan puisi. Ini digunakan sebagai perantara bagi doa dan juga harapan.

 Temukan artikel-artikel yang tak kalah menarik lainnya di blog EF Adults.