5 Cara Mencegah Kehamilan Yang Efektif
5 Cara Mencegah Kehamilan Yang Efektif

5 Cara Mencegah Kehamilan Yang Efektif

78 views

Megindo.co.id – Bagi Anda yang ingin menunda momongan, ada cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah kehamilan. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara apa saja yang bisa di lakukan, yuk simak di bawah ini.

Beberapa orang ingin menunda momongan terlebih dahulu, atau mungkin tidak ingin hamil lagi.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara paling efektif untuk menunda kehamilan.

Nah, penting bagi Anda untuk memahami penggunaan kontrasepsi atau cara berhubungan agar tidak hamil.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam Waktu Singkat

5 Cara Mencegah Kehamilan

1. Ejakulasi di luar

Untuk mencegah kehamilan dapat dilakukan dengan ejakulasi di luar atau senggama di luar, hal itu dapat dilakukan dengan cara tidak mengeluarkan sperma didalam vagina saat penetresi berlangsung.

Namun, cara tersebut cukup sulit di lakukan, karena efektivitas melakukan cara ini untuk mencegah kehamilan adalah 70 persen.

2. Menghindari hubungan saat masa subur

Menghindari berhubungan pada masa subur dapat mencegah kehamilan secara alami. Karena, masa subur wanita dapat mempengaruhi peluang terjadinya pembuahan.

Dengan demikian, resiko terjadinya kehamilan akan lebih kecil jika di lakukan di luar masa subur.

Masa subur dapat ditentukan dari siklus menstruasi yang teratur, terhitung sejak hari pertama menstruasi sampai menstruasi berikutnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami dalam Waktu Singkat

3. Minum pil KB secara teratur

Minum pil KB secara teratur dapat mencegah kehamilan, pil tersebut harus diminum setiap hari untuk mencegah indung telur melepas sel-sel telur baru.

Cara kerja pil KB dengan menebalkan dinding rahim dan lendir serviks, sehingga sperma akan kesulitan untuk berenang menembus leher rahim dan membuahi sel telur.

Pil KB banyak menjadi pilihan karena tingkat resiko terjadinya kehamilan sangat kecil jika Anda minum pil KB secara teratur.

4. Memakai kondom

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling mudah digunakan, dengan penggunaannya yang tepat dapat memperkecil peluang terjadinya kehamilan yang tidak di rencanakan.

Selain ampuh untuk mencegah kehamilan yang tidak di rencanakan, penggunaan kondom juga dapat menghindari penyebaran penyakit menular seperti HIV/AIDS, sifilis, maupun herpes.

5. Menggunakan KB implan

KB implan merupakan alat kontrasepsi fleksibel seukuran batang korek api yang dimasukan ke bawah kulit di lengan bagian atas.

KB implan bekerja dengan cara melepaskan hormon progestin, dimana hormon tersebut mengubah struktur lapisan rahim dan lendir serviks hingga sperma kesulitan untuk berenang mencapai sel telur.

KB implan bekerja selama 3 tahun, dengan tingkat terjadinya kehamilan yang sangat kecil sekali, yakni mencapai 0,5 persen.

Setelah melepas KB implan pemakai masih bisa hamil kembali.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Agar Mata Minus Bisa Sembuh

Penutup

Nah, itulah bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Yang Efektif yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.***

Gallery for 5 Cara Mencegah Kehamilan Yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *