3 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah
3 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

3 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

35 View

3 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah – Seiring dengan bertambahnya usia, setiap sel pada tubuh sudah terprogram untuk menua dan menurun fungsinya. Menjadikan penuaan sebagai proses alami yang tidak dapat dihindari. Maka dari itu, banyak sekali orang melakukan segala cara agar terlihat awet muda. 

Tentunya tidak ada seorangpun yang menginginkan terjadinya penuaan, terutama secara dini pada kulit wajah. Bila kondisi tersebut terjadi pada seseorang dengan usia muda, bisa saja dia terlihat jauh lebih tua dari umur aslinya. Alhasil, kepercayaan diri pun bisa menurun akibat kecantikan kulit yang mulai memudar.

Namun, disini kamu tidak perlu khawatir, untuk kamu yang masih muda, ada beberapa cara simpel yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Lantas apa saja caranya? Untuk itu, mari kita simak informasinya di bawah ini!

Ini Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Penuaan Dini

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan agar penuaan dini pada kulit wajah dapat dicegah, antara lain:

1. Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Salah satu cara simpel yang bisa kamu lakukan guna mencegah penuaan dini pada kulit, yaitu dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap harinya. Melansir dari American Academy of Dermatology, penggunaan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 dengan “spektrum luas” pada labelnya sangat direkomendasikan. 

Karena produk tersebut bisa melindungi kulit terhadap sinar UVA dan juga UVB matahari. Perlu diketahui juga bahwa sinar UVA dapat menyebabkan efek penuaan pada kulit bila terlalu lama terpapar sinarnya tanpa perlindungan.

Nah, maka dari itu, ada baiknya untuk mengoleskan tabir surya pada leher, lengan, dan tangan kamu setiap hari terutama bila harus bepergian. Memakai tabir surya juga dianjurkan untuk dijadikan sebagai rutinitas harian, layaknya menggosok gigi.

2. Kelola Berat Badan

Mengontrol berat badan juga bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Sebab, memiliki berat badan yang terlalu kurus atau terlalu berlebihan dapat mempercepat proses penuaan pada tubuh.

Tubuh yang kurus tidak memiliki lemak alami yang sesuai pada struktur wajah, sehingga dapat menimbulkan kerutan dan membuat kulit tampak kendur. Kondisi ini juga tidak dapat ditangani oleh metode perawatan seperti suntik botox atau facelift

Sementara itu, untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih karena faktor pertambahan usia maupun kurang berolahraga, dapat mengalami berbagai masalah kesehatan dan siklus penuaan yang berlanjut.

Oleh sebab itu, olahraga secara rutin sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi keriput, serta tampilan lembek kulit wajah yang dihasilkan oleh penumpukan lemak.

3. Penerapan Pola Makan dengan Gizi Seimbang

Makan buah dan sayuran segar setiap harinya dapat mencegah kerusakan kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini. Sebab, terpenuhinya asupan nutrisi penting dapat meningkatkan pembentukan sel kulit yang sehat pada tubuh. Beberapa jenis makanan juga dapat membantu mencerahkan kulit, seperti misalnya buah tomat, kiwi, wortel, kacang almond, hingga ikan.

Dan tidak hanya itu, kamu juga harus membatasi makanan yang mengandung gula, lemak trans atau karbohidrat tinggi.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang 3 Cara Simpel untuk Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah yang dapat admin sampaikan kepada kalian semua. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua sekian dan terimakasih.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *