Cara Mencegah Akun Instagram Kena Hack yang Ampuh

  • Whatsapp

Mencegah Akun Instagram Kena Hack РAkhir-akhir ini marak terjadi kasus peretasan akun Instagram yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Tentunya ini membuat resah para pengguna Instagram, apalagi mereka yang sudah punya banyak jumlah followers. Kalau sudah terkena hack, kemungkinan besar sudah sangat sulit untuk mengambil alih akun Instagram tersebut.

Karena itulah, sebelum hal yang tidak inginkan ini dialami sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah pencegahan. Beberapa trik bisa Anda lakukan untuk mencegah akun Instagram kena hack oleh orang tidak bertanggung jawab. Tidak sulit kok, bahkan Anda yang masih pemula pun bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini cara untuk mencegah agar  akun IG tidak terkena hack selengkapnya.

Cara Mencegah Akun Instagram Kena Hack yang Ampuh

Beberapa trik bisa Anda terapkan jika tidak ingin akun Instagram pribadi diretas oleh hacker. Setidaknya ada 5 cara untuk mencegah akun Instagram kena hack dan bisa kamu terapkan sendiri. Untuk informasi lebih jelasnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Kombinasi Password yang Rumit

Trik yang pertama untuk melindungi akun IG dari aksi peretasan yakni melindungi akun dengan password atau kata sandi yang rumit. Hacker itu punya banyak trik untuk meretas akun IG, salah satunya teknik password guessing. Mereka akan menebak password dari akun IG dengan mengombinasikan informasi pribadi Anda. Misalnya tanggal lahir, tanggal jadian, nama, urutan alfabet dan angka, dan lain sebagainya.

Untuk menangkal teknik hacking ini, sebaiknya Anda gunakan kombinasi password serumit mungkin. Jangan buat password yang masih ada hubungannya dengan informasi dan data diri Anda. Pada password yang dibuat, gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, karakter khusus, hingga angka. Yang demikian ini tentunya akan membuat rumit para hacker untuk meretas akun IG Anda.

2. Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Sebenarnya pihak Instagram sudah menfasilitasi penggunanya dengan fitur khusus untuk melindungi akun mereka dari aksi hacking. Dalam hal ini Instagram menyediakan fitur bernama Two Factor Authentication atau Autentikasi Dua Faktor. Fitur ini sudah bisa Anda akses secara gratis dan langsung dari menu Keamanan di aplikasi Instagram.

Dengan mengaktifkan fitur ini, nantinya saat harus login di perangkat lain maka Instagram akan mengirim kode verifikasi ke nomor yang didaftarkan. Kode yang dikirimkan tersebut nantinya bisa langsung dimasukkan ke kolom khusus yang tersedia saat ingin login akun Instagram. Dengan cara ini hacker tentu akan kesulitan untuk bisa masuk, karena nomor yang dikirimi kode hanya Anda yang memegangnya. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, yakni:

  • Pertama Anda buka aplikasi Instagram seperti biasa dan login ke akun IG pribadi.
  • Pada halaman utama Instagram, Anda klik menu Profil.
  • Kemudian klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas, dan pilih opsi Pengaturan atau Settings.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Keamanan.
  • Klik pada opsi Autentikasi Dua-Faktor untuk melanjutkan, lalu konfirmasi dengan klik tombol Mulai.
  • Sekarang Anda geser slider pada opsi SMS, maka Anda akan diminta untuk memasukkan kode konfirmasi. Kode konfirmasi tersebut akan dikirim ke nomor HP yang terhubung dengan akun tersebut. Jika sudah, kemudian klik Selanjutnya.
  • Pada halaman berikutnya, Anda klik tombol Selesai.

Fitur Autentikasi Dua Faktor sudah berhasil diaktifkan dan akun akan lebih aman dari aksi peretasan.

3. Jangan Login Akun Instagram di Perangkat Lain

Ini merupakan kebiasaan banyak pengguna sering mengakibatkan akun IG-nya hilang karena diambil alih oleh orang lain. Mulai sekarang, jangan pernah lagi Anda login akun Instagram di perangkat lain, apalagi sampai menyimpan detail loginnya tersebut.

Kalaupun harus dan memang penting sekali untuk login akun IG di perangkat HP atau laptop lain, Anda harus logout jika sudah selesai. Tidak hanya itu, pastikan username dan password tidak disimpan secara otomatis di perangkat tersebut.

4. Menggunakan Mode Incognito

Mode Incognito atau mode penyamaran merupakan mode khusus yang disediakan di browser. Mode ini tidak akan menyimpan data browsing dari pengguna, baik itu cache, cookie, hingga data login akun. Jadi, saat Anda close dari halaman tersebut maka data riwayat browsing sama sekali tidak tersimpan.

Mode Incognito ini sendiri sudah bisa ditemukan di hampir semua browser yang ada saat ini. Mulai dari browser Google Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser dan yang lain sebagainya.

5. Menggunakan Aplikasi Instagram Resmi

Trik mencegah akun Instagram kena hack yang terakhir yakni dengan memilih menggunakan aplikasi Instagram resmi. Anda hanya disarankan untuk menginstall aplikasi Instagram langsung dari Google Play Store.

Aplikasi Instagram yang didownload dari luar Play Store bisa saja sudah disisipi malware yang memungkinkan untuk mencuri data pribadi Anda. Selain itu, jangan pula menginstall aplikasi Instagram MOD atau Modifikasi. Meskipun, Instagram Mod umumnya dibekali dengan fitur yang lebih keren dan tidak ditemukan di Instagram resmi.

Itulah tadi beberapa cara mencegah Akun Instagram kena hack yang paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related posts